BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 02 Februari 2009

Search Engine

Menggunakan Mesin Pencari (Search Engine)
Dalam dunia internet terdapat berjuta-juta halaman informasi yang dapat anda akses. Hal ini mengakibatkan kita kesulitan untuk mengakses informasiyang kita butuhkan bahkan bisa tersesat dibelantara informasi dan tidak mendapatkan apa-apa yang kita inginkan.
Untuk mencari informasi yang diinginkan,Anda dapat melakukan surfing dengan memanfaatkan hyperlink pada halaman-halaman web dengan menggunakan browser.Untuk keperluan ini internet melengkapi softwarenya dengan software mesin pencari (search engine).
Mesin pencari adalah program yang digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi di internet. Mesin pencari mempunyai data base yang memuat semua item yang terdapat di internet dan halaman-halaman web yang menyimpan informasi yang berhubungan dengan item-item tersebut.
Untuk memudahkan pencarian di data base yang begitu besar,mesin pencari menggunakan indeks untuk memilah-milah informasi yang ada di database. Sedangkan untuk memudahkan dan mempercepat pencarian, mesin pencari mempunyai metode pencarian tertentu yang disebut algoritma pencarian. Kecepatan dan ketepatan pencarian sebuah mesin pencari tergantung kepada cara pengindeksan dan algoritma pencarian yang digunakan.
Struktur umum sebuah mesin pencari adalah sebagai berikut:
1.Kotak teks pencarian, tempat memasukkan kata kunci yang akan dijadikan acuan pencarian.
2.Tombol pencarian, untuk menjalankan perintah pencarian.
Informasi diinternet setiap saat terus berubah dan bertambah. Oleh karena itu,sebuah mesin pencari harus terus memperbarui data base yang dimilikinya, karena pada saat kita melakukan pencarian informasi di internet, komputer kita akan mengirim kata kunci pencarian ke server mesin pencari yang kita gunakan. Server mesin pencari akan melakukan pencarian dokumen web di database yang dimilikinya. Kata kunci pencarian kemudian disesuaikan dengan dokumen-dokomen dalam database. Hasil pencarian tersebut kemudian disusun berdasarkan tingkat kesesuaiannya dengan kata kunci pencarian. Komputer server kemudian mengirim hasil ke komputer kita. Dengan demikian kita bisa mendapatkan informasiyang kita cari dengan hasil yang up to date.
Untuk mendapatkan mesin pencari yang handal dan bagus sehingga dapat membantu anda dalam surfing di internet, Anda harus memperhatikan kriteria-kriteria sebagai berikut:
1.Mengetahui cara kerja mesin pencari, sehingga bisa mengeksploitasi kelebihan mesin pencari tersebut.
2.Mempunyai database yang besar dan sering di perbarui.
3.Tidak mempunyai spam (pengirim berantai) sehingga memberikan hasil pencarian yang relevan.
4.Mempunyai kecerdasan buatan yang baik sehingga mengerti apa yang kita cari.
Berikut adalah beberapa mesin pencari yang terkenal dan banyak digunakan di tingkat dunia diantaranya:
1.Altavista
2.Google
3.Lycos
4.Yahoo
5.Amazon
6.Netscape
7.About
8.Microsoft network
9.Teoma

0 komentar: