BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 13 Januari 2009

Spesifikasi Komputer untuk Akses Internet

Perkembangan tekhnologi dan komunikasi saat ini memungkinkan kita dapat menghubungkan komputer kita dengan internet. Untuk dapat berkomunikasi dengan baik, diperlukan protocol komunikasi. Secara sederhana, protocol komunikasi adalah tata cara yang harus diikuti oleh semua pihak yang berkomunikasi dalam melaksanakan komunikasi. Demikian pula halnya untuk berkomunikasi antarkomputer, komputer yang terlibat dalam komunikasi harus mengikuti tata cara tertentu.

Untuk komputer yang akan berkomunikasi lewat jaringan internet, protocol yang harus diikuti adalah protokol internet, disingkat IP (Internet Provider). Internet provider adalah badan usaha yang menawarkan jasa pelayanan untuk berhubungan dengan internet. Untuk dapat mengakses,Anda cukup mennghubungi Internet Service Provider melalui komputer dan modem, selanjutnya akan mengurus detail-detail lainnya yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet.

Protocol internet ini disediakan oleh beberapa jenis program(software) komunikasi. Beberapa diantaranya adalah Internet Explorer,Netscape Navigator, dan Mozilla.Perangkat lunak inilah yang akan mengatur dan menerapkan tata cara komunikasi untuk memungkinkan komputer anda berkomunikasi dengan komputer lain.

Jadi, selain persyaratan perangkat keras yang harus ada juga sangat mutlak diperlukan sebuah programatau perangkat lunak yang harus diinstal pada komputer anda adalah Windows, maka besar kemungkinan software Internet Explorer sudah terinstal didalam komputer anda.

Beberapa kriteria yang dapat untuk memilih ISP antara lain:
1.Kecepatan Transfer Data, kecepatan transfer data dari komputer server ke komputer lain sangat tergantung kepada kecepatan transfer data dari provider yang kita gunakan
2.Bandwidth,merupakan lebar saluran data yang di lewati secara bersama-sama oleh data-data yang di transfer,
3.Memiliki server proxy,untuk menyimpan alamat-alamat faforit pelanggan,
4.Backbone, saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet,
5.Layanan yang diberikan,
7.Keamanan data,
8.Biaya,
9.Hardware,
10.Tekhnologi yang digunakan.

0 komentar: